Modus Perampokan Dengan Kertas Flyer Di Mobil - Otak Penjahat
Berita Kriminal

Modus Perampokan Dengan Kertas Flyer Di Mobil

perampokan, penjahat jalanan, flyer

Modus ini sudah cukup lama beredar di social media dan grup chat instant messaging, yaitu perampokan dengan menggunakan kertas flyer promosi yang ditaruh sedemikian rupa yang akhirnya memkasa pengemudi untuk menghentikan mobil untuk mengambilnya.

Ingat bahwa perampokan di mobil jarang sekali terjadi pada saat mobil berjalan, selalu terjadi ketika mobil sudah berhenti atau diberhentikan dengan paksa. Perampokan yang terjadi pada saat mobil berjalan [aling banyak dilakukan oleh bajing loncat yang merampok isi truk ekspedisi bukan mobil pribadi.

Perampokan dengan modus flyer ini, paling banyak menyasar pengendara yang sendirian. Umumnya pengemudi jarang memeriksa keliling mobilnya saat akan menaiki mobil, dan baru sadar pada saat mau jalan. Kondisi inilah yang dimanfaatkan si perampok untuk menjerat korbannya. Dengan menaruh flyer atau kertas promosi (pura-puranya) di kaca belakang mobil sedemikian rupa, sehngga saat anda melihat ke kaca spion di tengah, pandangan anda ke belakang akan terganggu. Modus ini ssangta efektif untuk ppola mobil yang parkir maju atau kepala duluan, karena sewaktu anda mau keluar anda harus mundur dulu dan otomatis melihat aca spion tengah. Pada saat anda merasa terganggu dengan kertas tersebut, anda akan turun dan menuju ke belakang untuk mengambil kertas tersebut dalam keadaan mobil masih menyala dan umumnya pintu terbuka. Kenapa terbuka? karena merasa hanya sebentar dan tidak perlu menutupnya bahkan mematikannya.

Saat anda sampai belakang mobil, tiba-tiba muncul penjahat yang merampok anda.  Ada 2 kemungkinan pada situasi ini :

  1. Penjahat hanya menucri barang-barang anda misalnya tas, handphone, barang yang paling mudah dijangkau saja. Modus ini mirip dengan pola pencurian barang di SPBU sewaktu mengisi bensin.
  2. Penjahat merampok dan membawa kabur mobil anda, karena mobil masih dalam keadaan menyala dan siap jalan. Bukan hanya mobil, tetapi barang-barang anda yang ada di dalam mobil juga ikut dibawa kabur.

Baca juga artikel Selamatkan tas anda dengan sabuk keselamatan 

Modus ini sangat tricky, karena penjahatnya paham benar dengan psikologi dan kebiasaan orang yang cenderung menjadi tidak waspada ketika melakukan hal yang dianggap biasa, kecil dan remeh. Berikut trik dan tipsnya untuk keamanan anda yang mengemudi seorang diri:

  1. Biasakan untuk mengelilingi mobil sesaat sebelum memasuki mobil di tempat parkir, gunanya adalah anda akan segera sadar kalau ada hal-hal yang tidak lazim dan ini juga merupakan langkah standar di dalam safety driving:
  • Ban bocor, sehingga anda bisa segera memperbaikinya bukan pada saat sudah berjalan anda baru sadar ada yang salah dengan ban.
  • Body penyok, barangkali tertabrak oleh orang yang parkir di sekitar anda.
  • Mengambil brosur atau flyer yang di taruh di mobil.

2. Sambil berkeliling amati juga lingkungan sekitar tempat parkir, apakah cukup aman.

3. Seandainya sudah terjadi pada saat jalan ada flyer / kertas yang mengganggu karena anda tidak melakukan 2 hal di atas, maka tetap lanjutkan perjalan anda dengan pelan dan hati-hati. Cari tempat yang aman untuk mengambil kertas tersebut. Pastikan barang anda di taruh dengan benar dan aman.

4. Apabila anda merasa sangat terganggu dan mau cepat-cepat di buang, matikan mesin mobil anda saat turun dan kunci mobil anda.

 

Tipsnya terasa tidak efektif dan menyebalkan, tetapi percayalah bahwa itu semua aman bagi anda. Anda tidak ingin direpotkan dengan segala urusan adminstrasi bukan, harus lapor ke polisi, lapor ke bank, lapor ke RT RW, claim ausransi, blocking nomer telpon, kehilangan harta dan sebagainya yanglebih membutuhkan waktu bahkan bisa bulanan dan tenaga serta pikiran yang tak terhingga. Lakukan dengan sadar bahwa itu baik bagi anda, lagipula tidak membuthkan waktu lebih dari 3 menit untuk melakukan itu semua. Bersikap hati-hati berarti anda berlaku bijak terhadap diri anda sendiri.

Image source : CF

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Artikel Paling Populer

To Top