Nyala Untuk Yuyun - Otak Penjahat
Berita Kriminal

Nyala Untuk Yuyun

kejahatan sexual

Kekerasan yang menimpa Yuyun, seorang siswa kelas 1 SMP  5 Satu Atap di Padang Ulak Tanding, Rejang Lebong mengusik kembali rasa  tanya kita sebagai manusia, masih adakah kemanusiaan itu?  Yuyun menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan yang dilakukan 14 ABG alias Anak Baru Gede.

Baca juga artikel : Pulpen Untuk Senjata

12 dari 14 orang tersangka sudah ditangkap dan sesuai pengakuan para tersangka, awalnya 4 orang dari mereka berpesta minuman keras jenis tuak yang dibeli di warung Desa Kasie Kasubun. Dalam kondisi mabuk, mereka pergi ke pinggir jalan dan bertemu 10 tersangka lain. Saat itulah melintas Yuyun yang baru pulang dan masih mengenakan seragam SMP. Mereka memerkosa dan membunuh Yuyun, serta membuang jasadnya ke jurang sedalam 5 meter.

Berita tentang kematian Yuyun pertama kali muncul pada 5 April, tetapi gaungnya tidak terasa karena tenggelam oleh berita politik dan gaungnya baru terasa sekarang karena banyak orang yang berusaha menyadarkan yang lain bahwa telah terjadi kekerasan di lingkungan kita dan nyata.

Tagar #NyalaUntukYuyun  baru mulai trending seminggu ini, padahal peristiwanya sudah terjadi sejak tanggal 5 April ketika mayatnya pertama kali ditemukan. Sampai dengan artikel ini di tulis, #NyalaUntukYuyun masih masuk dalam 3 besar Google trend.

#NyalaUntukYuyun , google trend

#NyalaUntukYuyun masih menjadi 3 besar di Google trend

Sebagai rasa solidaritas untuk Yuyun, sejumlah aktivis akan mengadakan aksi Save Our Sister (SOS), pada Rabu 4 Mei pukul 16.00-18.00 dengan menggelar aksi damai di seberang Istana Negara. Aksi akan di tandai dengan klakson mobil, kentongan, dan alat tanda bahaya lainnya sebagai simbol bahaya kekerasan terhadap perempuan. Sampai dengan bulan April 2016 sendiri telah terjadi 36 kasusu kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi. Pada sepanjang tahun 2015 terjadi 84 kasus kekerasan di Rejang Lebong.

Baca jug artikel : 5 Benda-benda di Tasmu Yang Bisa Jadi Senjata

Peristiwa seperti ini bisa terjadi kapan saja, dimana saja siapa saja, adik, kakak, ibu, saudara, teman, dan anak kita. Jangan menutup mata, tetap waspada dan hati-hati. Mari kita tunjukan solidaritas kita untuk Yuyun dan juga agar kita lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga bisa membantu mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

#NyalaUntukYuyun

 

  • Source : kompas.com | liputan6.com | bengkuluexpress.com |bbc.com
  • Image source http://www.dnaindia.com/
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Artikel Paling Populer

To Top