Penipuan Lewat Telepon Di Pagi Buta. - Otak Penjahat
Penjahat Rumahan

Penipuan Lewat Telepon Di Pagi Buta.

telpon tipu, penipuan, pemerasan

Modus kejahatan penipuan lewat telepon semakin bervariasi. Dulu penipuan seperti ini banyak dilakukan pada siang hari, tetapi sekarang sudah bergerak ke pagi buta. Polanya tetap sama yaitu menyampaikan berita yang bikin orang panik sehingga jadi lebih mudah di tipu.

Umumnya berita yang disampaikan  adalah kecelakaan kerabat atau anaknya, karena biasanya berita seperti itu langsung membuat panik. Disini korban akan diberitahukan bahwa kerabat atau anaknya sekarang berada di rumah sakit dan butuh keputusan cepat untuk melakukan operasi, serta harus segera transfer untuk prosesnya.

Penipuan seperti ini sudah banyak makan korban, dan ratusan juta kerugian yang diderita para korban karena transfer ke para penipu tersebut. Seiring waktu, sudah banyak orang yang tahu mengenai modus ini, para penipunya juga menyesuaikan diri. Sekarang modus ini dilakukan di pagi buta. Tetap saja para penjahat ini menggunakan teori probabilitas, berapa kali telpon pasti ada beberapa yang bisa ditipu.

Kenapa pagi buta? Trik ini secara psikologis sangat bagus karena :

  1. Telepon pada pukul 2-4 pagi biasanya hanya dilakukan oleh kerabat.
  2. Telepon pada pukul 2-4 pagi biasanya merupakan telpon darurat.
  3. Pada pukul 2-4 pagi , umumnya orang masih sangat ngantuk, dan tingkat konsentrasinya sangat rendah, sehingga tidak terlalu menyimak isinya.

Kondisi psikologis yang seperti itulah yang dimanfaatkan para penjahat untuk menipu calon korbannya.

Bagaimana menghadapi tipuan telpon yang seperti ini? Berikut  triks dan tipsnya :

  1. Jangan panik, tetap tenang
  2. Tarik nafas dan minum air putih, lakukan dua hal tersebut karena akan membantu mempercepat pemulihan konsentrasi anda.
  3. Jangan langsung percaya, tanyakan sesuatu yang sifatnya pribadi untuk memastikan bahwa informasi itu benar.
  4. Bila dalam kondisi tertentu yang ternyata informasinya mirip dengan situasi anda minta keterangan sedetail mungkin dari si penelpon (yang ini biasanya susah) dan juga nomer telpon yang bisa dihubungi.
  5. Iyakan saja apa yang dikatakan mereka dan segera putuskan percakapan. Jangan memberikan data detail tentang diri anda dan keluarga kepada si penelpon, karena ini akan bisa dijadikan senjata buat si penipu untuk melengkapi cerita dramanya juga melakukan penipuan ke kerabat yang lain.
  6. Apabila si penipu memberikan nomer untuk konfirmasi (misalnya nomer RS, padahal itu nomer komplotannya), jangan langsung dihubungi tapi browsing atau telpon ke 108 untuk klarifikasi nomer telpon.
  7. Hubungi kerabat/anak/suami untuk konfirmasi keberadaan mereka. Dalam beberapa kasus, seringkali korban susah menghubungi orang-orang tersebut dan menambah kepanikan.
  8. Hubungi teman yang dekat dengan kerabat/anak/suami apabila kesulitan menghubungi mereka secara langsung untuk memastikan kondisi mereka.
  9. Apabila semua sudah dikonfirmasikan dan terbukti palsu, laporkan ke kepolisian kejadian tersebut

Hati-hati, para penjahat selalu mencari celah untuk bisa memperdayai korbannya. Selalu jaga hubungan dengan seluruh kerabat dengan saling sering memberi kabar sehingga mengurangi celah tindakan kejahatan.

 

Image source : http://www.dailymail.co.uk/

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Artikel Paling Populer

To Top