Menolong Di Bayar Dengan Uang Palsu - Otak Penjahat
Penjahat Keuangan

Menolong Di Bayar Dengan Uang Palsu

Modus penipuan uang palsu kian beragam. Dahulu pelakunya rata-rata orang laki-laki, tidak pernah terdengar ada wanita yang melakukan penipuan apalagi nenek-nenek. Sempat beredar di social media tentang penipuan di ATM dengan modus titip transfer. Modus ini sudah cukup lama, tetapi kemudian terdengar lagi dan lebih menarik karena pelakunya adalah nenek-nenek.

Setiap orang pada dasarnya baik dan ingin menolong sesamanya, apalgi kalau itu orang yang sudah tua atau nenek-nenek. Psikologi inilah yang dipakai seorang nenek  untuk memerangkap mangsanya. Pada saat menemukan mangsanya di ATM tujuan, dia akan bercerita bahwa dia harus mengirimkan uang ke saudaranya di kampung dan harus segera. Tapi dia tidak punya ATM dan hanya pegang uang tunai, jadi dia minta tolong si korban untuk mentransfer ke nomer rekening yang sudah dia siapkan. Biasanya uang tunai akan dia pegang agar bisa ditunjukan kepada korban bahwa dia benar-benar punya uangnya. Pelaku akan membuat cerita yang sedemikian rupa agar si korban merasa iba dan mau melakukan permintaannya.

Kalau korban termakan cerita si pelaku, dia akan membantu korban dan transfer ke nomer rekening yang dituju dan dia akan mendapatkan uang tunainya dari si pelaku. Nah selesai sudah cerita tentang transfer mentransfer tersebut, dan ketika si korban mau menggunakan uang tersebut untuk bayar-bayar, baru ketahuan deh kalau uang itu semuanya palsu. Tinggal tangis pilu di dada, niat nolong eh malah di tipu.

Modus ini banyak sekali variasinya,para penjahat akanberupaya  membuat  cerita yang mengiba dan masuk akal supaya si korban akhirnya mau bantu transfer. Apabila anda menghadapi situasi seperti ini, berikut tips nya :

  1. Ingat cerita penipuan di ATM dan modusnya
  2. Berhati-hatilah terhadap lingkungan sekitar pada saat anda ada di ATM
  3. apabila ada orang yang minta tolong untuk transfer dan bayar dengan uang tunai, tolaklah!
  4. Belajar mengenali uang palsu dengan prinsip 3D (Dilihat/Diraba/Diterawang)
  5. Ceritakan situasi ini pada Satpam (apabila ada), biasanya mereka ngabur kalau dilaporkan ke Satpam

 

penipu, uang palsu, penjahat

Penipuan dengan uang palsu di ATM

  • Source : berbagai sumber
  • Image Source : http://ahmadunfikry.blogspot.co.id/

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Artikel Paling Populer

To Top