Penipu SMS Tak Pernah Mati - Otak Penjahat
Penjahat Digital

Penipu SMS Tak Pernah Mati

SMS tipu, menang hadiah

Bos “Mama minta pulsa” sudah di tangkap dan di bui. Idiom yang sangat terkenal karena hampir semua nomer telpon pernah mendapatkan SMS “Mama minta pulsa” SMS tersebut merupakan kedok untuk melakukan kejahatan dengan cara yang sederhana yaitu mengemis pulsa ke semua orang. Kalau Setiap orang kirim pulsa sejumlah 20 ribu rupiah dan dalam sehari ada 1000 orang maka dalam sehari mereka sudah dapat 20 juta rupiah berbentuk pulsa.

Angka yang menggiurkan ini menimbulkan banyak minat penjahat lainnya untuk ikut rebutan kue. Peralatannya sederhana saja, hanya komputer, program dan nomor telpon serta modal pulsanya. Untuk data nomer telpon? tidak perlu bingung, mereka mengacaknya saja, tinggal diurutin. Para penipu ini menggunakan teori probabilitas saja cara berhitungnya. Seperti contoh di atas , komplotan mengirimkan sebanyak 100rb SMS per hari, yang diterima sebanyak, anggap saja 10%, jadi ada 10.000 nomor yang terima. Dari angka tersebut anggap lagi hanya 10% yang tertipu, total 1.000 orang tertipu.

Itu hanya hitungan sederhana saja. dari angka tersebut lantas diolah, SMS seperti apa yang akan dikirimkan. Pola yang dipakai adalah :

  1. Kecemasan/kepanikan
  2. Kegembiraan

orang cenderung susah berpikir kalau dalam situasi tersebut, dan akhirnya gampang untuk disetir oleh si penipu.

Contoh SMS kepanikan :

SMS tipu, ancaman

SMS penipuan dengan pola ancaman

SMS ini bertujuan membuat panik si penerima, misalanya ketahuan berbuat aib, berbuat jahat yang diketahui orang lain. Apabila si penerima memang melakukan seperti yang disebutkan di SMS, maka dia akan menjadi panik dan tanpa sadar akan menghubungi nomer yang di minta. Selain itu SMS dengan berisi berita tentang kecelakaan anggota keluarganya juga kerap menjadi pilihan.

 

Contoh SMS Kegembiraan :

SMS tipu, menang hadiah

SMS penipuan dengan modus memenangkan hadiah

SMS ini bertujuan membuat orang yang menrimanya menjadi terlalu gembira, sehingga kehilangan logika dan kontrol dirinya. Apabila si penerima memang menggunakan suatu produk tertentu sesuai dengan yang di SMS, maka mereka akan sangat senang, terutama orang-orang yang berada lingkungan sub urban. Dan akan berusaha untuk menghubungi nomor yang di minta.

 

Dari ke semua modus ini, tujuan utamanya adalah menyetir si korban untuk mentransfer sejumlah uang ke mereka.

 

Bagaimana kalau anda atau kolega anda mengalami hal ini? apa yang harus dilakukan? Berikut tipsnya :

Untuk kasus pemerasan/ancaman :

  1. Jangan panik
  2. Baca sekali lagi SMS yang anda terima, kalau perlu berulang-ulang.
  3. Kalau anda tidak merasa melakukan apapun seperti ancamannya, hapus saja.
  4. Periksa si pengirim dengan cara anda telpon nomer itu dengan nomer yang lain, biasanya tidak di jawab karena nomernya dipasang di mesin pengirim SMS, jadi tidak bisa menerima panggilan.
  5. Apabila anda diminta menghubungi ke nomor lain dan itu nomor handphone, sudah bisa dipastikan itu penipuan.
  6. Hapus saja SMS tersebut.

Untuk kasus memenangkan hadiah :

  1. Jangan panik
  2. Baca sekali lagi SMS yang anda terima, kalau perlu berulang-ulang.
  3. Periksa si pengirim, apabila nomor telponnya tidak dimasking/diganti dengan nama perusahaan, maka anda wajib curiga. Dan kalau anda telpon nomer itu pasti tdak di jawab karena nomernya dipasang di mesin pengirim SMS, jadi tidak bisa menerima panggilan.
  4. Apabila anda diminta menghubungi ke nomor lain dan itu nomor handphone, sudah bisa dipastikan itu penipuan.
  5. Hapus saja SMS tersebut.

 

Diolah dari berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



To Top