Graffiti Kode Pencuri - Otak Penjahat
Penjahat Rumahan

Graffiti Kode Pencuri

grafiti, kode
grafiti, kode

Gambar hanya ilustrasi, tidak menggambarkan kondisi sesungguhnya

Baru-baru ini beredar kembali melalui social media baik facebook, twitter maupun instant messaging, mengenai grafiti di tembok-tembok rumah yang dijadikan kode oleh para penjahat atau rampok.  Grafiti tersebut disebutkan sebagai kode atau tanda atau informasi mengenai kondisi rumah tersebut kepada kelompok penjahat. Edaran tersebut mengatasnamakan Humas Mabes Polri.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal memastikan pesan berantai kode para pencuri adalah palsu (hoax). Kepolisian tidak pernah mengeluarkan pesan berantai tersebut, ujarnya.
“Enggak ada itu,” kata Iqbal kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (15/10/2015).  Kendati demikian, masyarakat tetap diminta waspada sehingga tidak terjadi tindak pidana berupa pencurian ataupun perampokan di rumah mereka. “Tetapi, upaya cegah setiap saat ada. Jangan membuka kesempatan terhadap pelaku,” kata Iqbal.

Sebelumnya, tersebar pesan berantai yang memberikan informasi mengenai kode-kode para pencuri sebelum melakukan aksinya. Berikut ini adalah isi dari pesan berantai yang mengatasnamakan Humas Mabes Polri tersebut.

Kalau anda menemukan coretan di dinding atau tiang telpon, atau tiang2 sejenis lainnya, langsung saja dihapus atau cat ulang dengan memblok tulisan tersebut. Karena ada indikasi maling2 atau rampok yang mengincar lingkungan anda.

@ Cross merah : ada penjaga @ Cross putih : tidak ada penjaga. @ PA : posisi aman @ 524 : indikasi jam2 aman melakukan aksi. @ Strong : recomended jadi target aksi.

Contoh dari coretan PAB2 524-STRONG. @ PA : posisi aman @ B2 : Alamat posisi rumah ( B2-Buaran blok 2 ) @ 524 : jam aman melakukan aksi ( 5 : mulai jam 17.00 – 19.00 dan 24 : mulai pukul 02.00-04.00 pagi ).

@ Strong : Lokasi aman untuk melakukan aksi. @ Cross merah (+) : ada satpam/penjaga. @ Cross putih ( + ) : tidak ada satpam/penjaga. Info tersebut hasil pengembangan intrograsi dari kawanan para penjahat. By Humas Mabes Polri. Mohon di share kpd RT/RW dan lingk anda. Semoga tidak terjadi di lingkungan kita…”

Tips untuk kondisi ini adalah :
  1. Tetap waspada.
  2. Apabila rumah anda di tepi jalan, pasanglah kamera pengawas di titik yang memerlukan.
  3. Apabila ada coretan di tembok, segera hapuslah. Selain untuk berjaga-jaga, juga untuk menjaga keindahan dan kebersihan rumah anda.
  4. Jangan melakukan hal yang sama setiap harinya yang akhirnya membentuk pola yang rutin, ubahlah sehingga orang tidak bisa menebak anda dan kegiatan anda.
source : kompas.com/news.okezone.com dan berbagai sumber
image source : www.odeith.com
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Artikel Paling Populer

To Top